Grup Drum Band " MANUNGGAL SAKTI"

Genderang Drum Band "Manunggal Sakti"

      Genderang "Manunggal Sakti" merupakan drumband kebanggaan Desa Jambu Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung, sebagai tradisi turun – temurun dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Genderang "Manunggal Sakti" dibentuk pada tanggal 28 Oktober 2012 dengan Pelatih pertama yaitu dari Drumband Nawa Kartika Desa Kledung.
      Genderang "Manunggal Sakti" memiliki menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku,berpadu sehingga dalam alunan merdu suara Musik, dengan alat yang masih sangat sederhana ketika awal berdiri. Kini, alat-alat musik yang dipakai sudah sangat lengkap, antara lain snare drum, tenor drum, bass drum, bellyra,terompet, dll. Perpaduan suara alat-alat tersebut terdengar merdu ketika dimainkan oleh para Personil Drum band "Manunggal Sakti"

      Dalam setiap aksinya, Drum band "Manunggal Sakti" dipimpin oleh Mayoret atau dalam istilah taruna disebut Penatarama. Biasanya postur tubuhnya lebih tinggi daripada yang lain. Kostum yang dipakai pun unik, penuh dengan aksesoris kebesaran Drum band "Manunggal Sakti" dan mengenakan topi/Baret. Atraksi permainan tongkat komando para Penatarama ini juga sangat ditunggu. Dengan luwesnya bergerak kesana kemari, mengatur barisan, urutan lagu & mars dinas, formasi variasi, hingga memperingatkan penonton untuk memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi penampilan Drum band "Manunggal Sakti" ini. Maklum, penonton selalu berdesakan di kiri kanan jalan sehingga terkadang mempersempit ruang gerak arena show.

      Yang paling khas dari Drum band "Manunggal Sakti" ini adalah kostum yang dipakai oleh penabuh bass drum dan beberapa tenor nya. Baju loreng bersayap dengan helm model kepala macan. Mereka lah sang Macan Lembah Sumbing. Menurut informasi yang di dapat ,Dalam kegiatan-kegiatan penting seperti Peringatan Hari Besar Keagamaan dan Peringatan Hari Besar Nasional atau display di bebrapa even di Tingkat Kecamatan serta Kabupaten.

Pergerakan group penabuh bass drum ini bebas berjalan kesana kemari. Yang paling keren kalau mereka sudah beraksi akrobatik dengan memutar badan terus menerus seperti gasingan sambil tetap menabuh atau membentuk formasi saling menumpuk alat sunguh sangat energik. Drum band "Manunggal Sakti" ini selain menjadi kebanggaan para tokoh-tokoh Desa, juga merupakan salah satu icon kebanggaan masyarakat Desa Jambu Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Biasanya mereka tampil keliling kota pada saat event-event tertentu seperti misalnya parade Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonisia dan pada perayaan Acara Merti Desa yang sering diadakan setelah panen Raya Temabakau.

Hingga saat ini Drum band "Manunggal Sakti" sudah banyak Kegiatan yang diikuti untuk menyemarakan Acara-acara ini diantaranya:

  • Display pada saat Parade Drumband Wonosobo-Temanggung 2018.
  • Beberapa kali mengikuti Kirab Hari Santri.
  • Beberapa kali mengikuti Kirab Hari Jadi Kabupaten Temanggung 2016
  • Display saat Kirab Ruwat Ringen Kec.Kledung 2015
  • Display saat Kirab Ruwat Ringen Kec.Kledung 2022
  • Event-event lain dalam suatu Acara PHBI dan PHBN.

Semoga Drum band "Manunggal Sakti" terus berkembang serta semakin meningkat kualitas Personilnya dan menjadi kebanggaan Desa Jambu pada Khususnya ,umumnya bagi Masyarakat Temanggung.

by.465@qq